Yamaha Scorpio Ala YZF 450 Supermoto

Bookmark and Share



 Yamaha Scorpio Ala YZF 450 Supermoto merupakan hasil kreasi tangan dingin dari seorang modifikator yang demen banget dengan apa yang dinamakan supermoto. Kalau diajak ngobrol soal supermoto, dr. Rudy Cahyono ini begitu antusias dan semangat banget. Semua hal berbau supermoto hafal di luar kepala. Gak heran jika Rudy ini menjadi admin sekaligus pengelola website yang mengupas tentang supermoto. Yakni http://www.supermotoindonesia.com/.

Untuk melambangkan kecintaannya terhadap supermoto, dia rombak habis Yamaha Scorpio Ala YZF 450 Supermoto, kendaraan sehari-harinya. Konsepnya keukeh meniru model Yamaha YZF-450 Supermoto.

"Selain memang suka dengan tampang YZF-450, juga menyesuaikan basis motor yang saya miliki. Biar konsep modifikasinya sama dengan Modifikasi Yamaha Scorpio Ala Supermoto di halaman lain tidak melenceng dan mereknya sesuai, yakni Yamaha," bilang anggota ABRI berpangkat Kapten Laut ini.

Dominasi pengerjaan memang terjadi di sektor rangka pada Yamaha Scorpio Ala YZF Supermoto. Untuk mendapatkan wheelbase alias jarak sumbu roda seperti pada YZF-450 yang berukuran 147 cm ini, Rudy melakukan perkawinan dua rangka. Yakni, rangka bawaan Scorpio dengan milik YZF-450 orisinal.

"Rangka asli YZF-450 terbitan tahun 2004 ini hasil perburuan saya pada beberapa gerai dan penjual atribut motor SE di Indonesia," tambahnya.

Rudy memperkosa habis-habisan rangka asli dari Yamaha Scorpio Ala YZF 450 Supermoto. Pria berkacamata minus ini hanya menyisakan down tube alias rangka bagian bawah. Kebetulan di bagian ini juga terdapat nomor rangka, sekalian saja biar tidak menyalahi aturan down tube ini dipertahankan. "Selanjutnya down tube digabung rangka YZ. Hasilnya semua ukuran yang diinginkan langsung didapat dari hasil penggabungan dua rangka ini," bebernya.

Dengan demikian sudut rake langsung berubah menjadi 27º. Dan untuk jarak mesin bawah dengan tanah diperoleh angka 30 cm. Setelah dipasang pelek 17 inci dan dibalut ban Continental 120/70-17 untuk depan dan 180/55-17 sektor belakang seat height yang diinginkan yakni 90 cm bisa tercapai.

Rudy banyak mengalami dilema saat pemasangan swing arm pada Yamaha Scorpio Ala YZF Supermoto. Pria tinggal di komplek AL, Kenjeran, Surabaya ini sebenarnya sudah mengaplikasi arm milik YZ-450 SE. Padahal Rudy akan memasang pelek belakang yang memiliki lebar 5 inci. Tentu tidak akan muat jika dipaksakan mengakomodir pelek itu.

Keputusan berani langsung diambil. Arm ini dipaksa agar bisa lebih renggang. "Caranya dengan dipanaskan las. Saat dalam kondisi panas inilah direnggang sedikit demi sedikit hingga memiliki lebar seperti yang diinginkan. Ini merupakan pengerjaan trial and error," bilangnya terus terang.

Pada saat finishing, Rudy juga ikut menambahkan motif pada Yamaha Scorpio Ala YZF 450 Supermoto, yang meniru YZF limited edition dengan corak dan grafis didominasi warna kuning. Alhasil emang mirip, Bro!

Karena bodi sudah berat, performa mesin perlu dinaikkan kapasitasnya seperti Hasil dari Modifikasi Yamaha Scorpio Raja Turing di halaman lain. Tidak tanggung, mesin Scorpio yang berkapasitas 223 cc ini langsung dibore up hingga naik sampai 360 cc. Rudy sudah menjejalkan piston mobil milik Honda Accord Maestro. 

Lalu untuk saluran buang, Yamaha Scorpio Ala YZF 450 Supermoto sudah dibuatkan leher knalpot baru. “Baru kemudian diakhiri silencer KTM 450," bangga Rudy.

DATA MODIFIKASI
 Pelek depan: TK 3,50x17
Pelek belakang: TK 5,00x17
Sok depan: Yamaha YZF 250
Sok belakang: Yamaha YZF 250

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment