Modifikasi Yamaha V-Ixion Ala Robot Extrem memang suatu kreasi yang tidak mengenal konsep apapun, tampilan kali ini hanya suatu pengembangan asal menggarap saja, namun setelah motor ini selesai didesain ternyata mirip dengan robot unik yang berani tampil beda dengan motor modifikasi lain yang cenderung menggunakan sebuah konsep resmi.
Secara blak-blakan modifikator motor ini cerita kalau konsep Yamaha V-ixion ini murni dari otaknya. Tidak ada pengaruh dari builder dunia atau film dan lain sebagainya. "Tiba-tiba saja kepikiran bentuk seperti ini," buka Jarot Murdiyanto dari bengkel Scum di Solo, Jawa Tengah.
Untuk urusan rangka, dia sedikit terpengaruh virus WJS atau West Jateng Style yang berkembang dari kawasan Banyumasan lihat juga tampilan lain Modifikasi Yamaha XJ6 Inspirasi 2012. "Saya melihat dengan model seperti itu motor tampak agresif dengan buntut buntung," tambah Jarot.
Langkah pengerjaan pada Modifikasi Yamaha V-Ixion Ala Robot Extrem ini, tidaklah terlalu susah. "Saya tinggal membuang rangka belakang dan dilanjutkan dengan membuat rangka baru yang jauh lebih pendek," tambah pria 36 tahun ini.
Tapi, dia tidak berani terlalu buntung. "Sebab saya masih menyisakan tempat untuk boncenger, kalau WJS sejati jok tinggal secuil doang," cerita Jarot lagi.
Setelah itu baru kemudian dia mulai memikirkan bentuk bodin. "Saya lebih suka menggunakan pelat galvanis daripada fiber," cerita builder yang memang suka tampilan x-treme ini.
Untuk urusan rangka, dia sedikit terpengaruh virus WJS atau West Jateng Style yang berkembang dari kawasan Banyumasan lihat juga tampilan lain Modifikasi Yamaha XJ6 Inspirasi 2012. "Saya melihat dengan model seperti itu motor tampak agresif dengan buntut buntung," tambah Jarot.
Langkah pengerjaan pada Modifikasi Yamaha V-Ixion Ala Robot Extrem ini, tidaklah terlalu susah. "Saya tinggal membuang rangka belakang dan dilanjutkan dengan membuat rangka baru yang jauh lebih pendek," tambah pria 36 tahun ini.
Tapi, dia tidak berani terlalu buntung. "Sebab saya masih menyisakan tempat untuk boncenger, kalau WJS sejati jok tinggal secuil doang," cerita Jarot lagi.
Setelah itu baru kemudian dia mulai memikirkan bentuk bodin. "Saya lebih suka menggunakan pelat galvanis daripada fiber," cerita builder yang memang suka tampilan x-treme ini.
Karena penuh sudut tajam maka kesan robotic yang didapat. Misalnya bentuk tangki. Tangki juga lebih enak dijepit karena ada bagian yang melengkung, pas untuk jepitan paha.
Bentuk tangki tadi juga mempengaruhi buritan. "Supaya lebih harmonis, bentuk lekukannya juga sama dengan bagian belakang," ungkap ayah tiga anak ini.
Demikian juga dengan engine guard pada Modifikasi Yamaha V-Ixion Ala Robot Extrem ini. Jarot membuatnya jadi one piece alias satu potongan saja. Tapi ukurannya besar. Dengan sistem seperti itu maka tidak ada bagian sambungan. Efeknya terlihat rapi.
Kesan robot semakin dapat jika kita perhatikan head lamp-nya. Bentuknya seperti kepala sebuah robot. Bahkan lampu itu sendiri ditempatkan tersembunyi di dalam cover. Untuk keluarnya cahaya ada sebuah lubang yang disediakan. Benar-benar unik dan beda dari tampilan lampu biasanya.
Selain bentuk bodi motor, hal lain yang mengelitik mata di Modifikasi Yamaha V-Ixion Ala Robot Extrem ini ada pada bentuk lengan ayun.
Jarot membuat ulang seluruh bagian swing arm ini. Dia menggunakan pipa dengan diameter 1 inci. Konstruksinya beda dengan desain arm standar V-ixion.
"Tapi, saya tidak mengubah jarak sumbu rodanya lihat juga tampilan lain Modifikasi Yamaha Byson Ala Ducati Monster. Panjang arm sama dengan aslinya," ceritanya dengan logat Jawa yang kental saat dihubungi via telepon.
Sedangkan untuk monosok pada Modifikasi Yamaha V-Ixion Ala Robot Extrem ini, tetap menggunakan orisinal. "Kita usahakan masih pakai orisinal. sebab prinsip kita mengurangi biaya belanja variasi," tutupnya sambil tertawa lebar.
DATA MODIFIKASI
Ban depan: Swallow 120/70-17
Ban belakang: Battlax 160/70-17
Pelek: Power
Sok depan: Byson Custom
Swing arm: Handmade tubular
Knalpot: Custom
{ 0 comments... Views All / Send Comment! }
Post a Comment